MEMBUAT
SURAT UNDANGAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Diajukan untuk
Memenuhi Salah Satu Tugas Kelompok
Mata Kuliah Dasar TIK
Disusun Oleh :
1.
Agyta Ekasari
Putri (1003663)
2.
Dian Ratna
Yusnia (1003637)
3.
Ane Riska
Yulistia (1009139)
Kelas
A
Semester
V
PROGRAM
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
KAMPUS
CIBIRU
UNIVERSITAS
PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2012
RENCANA
PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / 1
Pokok Bahasan : Membuat Surat Undangan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
4.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara
tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis
II.
KOMPETENSI
DASAR
4.2
menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan
kelas, dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan.
III.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Mampu
menulis surat undangan tidak resmi
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menyebutkan bagian-bagian surat undangan dengan baik
2. Siswa
dapat menulis surat undangan kepada teman yang berisi undangan untuk acara
ulang tahun.
V.
MATERI
AJAR
1. Mendata
Unsur-Unsur Surat Undangan
Pernahkah kamu menerima
surat undangan ulang tahun? Jika kamu perhatikan,surat undangan tersebut dibuat
oleh perorangan. Surat undangan yang dibuat oleh perorangan seperti itu
termasuk surat undangan pribadi. Surat undangan pribadi tidak memiliki sistematika
yang baku.
Surat
undangan di atas tidak memiliki nomor surat, kop surat, tempat, dan tanggal
penulisan surat. Penempatan nama pengundang juga tidak tetap. Semua itu
merupakan ciri-ciri surat undangan pribadi atau tidak resmi. Jika didata, unsur-unsur
surat undangan tidak resmi terdiri atas (1) judul surat, (2) alamat yang dituju,
(3) pokok surat, dan (4) pengirim.
VI.
PENDEKATAN,
METODE DAN MODEL
PEMBELAJARAN
Metode : Tanya jawab, ceramah, percobaan
Model : TPCK
VII.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Tahap
|
Waktu
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Kegiatan
Awal
|
5
menit
|
· Guru
menyiapkan kondisi siswa siap belajar.
· Guru
menyampaikan apersepsi dengan tanya jawab.
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
· Siswa
mengkondisikan dirinya.
· Siswa
menjawab pertanyaan guru.
· Siswa
menyimak pemaparan guru.
|
Kegiatan
Inti
|
55
menit
|
· Guru menunjukan contoh surat undangan kepada siswa.
· Guru melakukan tanya jawab dengan siswa
tentang bagian-bagian yang ada pada surat.
· Guru
mengklarifikasi jawaban dari siswa.
· Guru
memberikan kesempatan untuk bertanya seputar materi yang belum dipahami oleh
siswa.
· Guru
memberi tugas pada siswa untuk membuat surat undangan yang tidak resmi,
seperti membuat surat undangan untuk acara ulang tahun di buku catatan siswa.
· Guru
meminta siswa untuk mengubah surat undangan acara ulang tahun dalam buku
catatan ke dalam Ms. Word dan
menghiasnya menjadi semenarik mungkin.
|
· Siswa
memperhatikan dengan baik.
· Siswa
menjawab pertanyaan guru.
· Siswa menyimak dengan baik.
· Siswa
mengajukan pertanyaan yang kurang dipahami.
· Siswa menyimak dan mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru.
· Siswa mengerjakan tugas.
|
Penutup
|
20
menit
|
· Memberikan
penguatan serta memberikan siswa soal evaluasi.
· Guru
menutup pembelajaran
|
· Siswa
mengerjakan soal.
|
VIII.
SUMBER
DAN MEDIA
Sumber : 1. KTSP 2006 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5
2. Warsidi, Edi dan Farika. (2008). Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas 5 untuk Kelas V Sekolah Dasar
dan Madrasah. Jakarta :
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Media : 1. Contoh surat undangan
2. Komputer (Ms. Word)
IX.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
Prosedur
:
Tes
Jenis
Tes : tulisan
Bentuk
Tes :
Essai
Alat
Tes : Lembar soal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar